Apa itu CMS WordPress? | Belajar WordPress

2.65/5 (26)

Apa itu CMS WordPress? WordPress adalah media paling populer untuk membuat website, entah itu blog probadi, situs edukasi (sekolah, dll), perusahaan sampai situs penjualan. WordPress muncul pertama kali pada tahun 2003 hasil kerja keras Matt Mullenweg dengan Mike Little. Yang membuat WordPress makin terkenal, selain karena banyaknya fitur dan tampilan yang menarik, adalah juga karena dukungan komunitas terhadap perangkat lunak sumber terbuka untuk blog.

Apa itu CMS WordPress?

WordPress pada dasarnya adalah kumpulan dari ribuan kode program PHP. Ketika pengunjung mengakses web kita, kode program ini akan diproses oleh web server dan kemudian menghasilkan kode HTML untuk dikirim kepada web browser. Selain menggunakan PHP, wordpress juga menggunakan MySQL sebagai database yang digunakan untuk menyimpan seluruh artikel, komentar, dan data-data lainnya. Oleh karena itu, untuk dapat menggunakan wordpress di dalam komputer lokal, saya akan menggunakan aplikasi XAMPP (tutorialnya akan kita bahas dalam sesi berikutnya).

Selain WordPress, masih banyak CMS lain yang bisa digunakan untuk membuat website. Ada yang berbayar, namun banyak juga yang gratis seperti Joomla dan Drupal. CMS juga dikategorikan menurut keperluannya. Jika anda ingin membuat forum, bisa menggunakan vBulletin. Untuk membuat online shop bisa menggunakan Magento, Prestashop, atau Opencart.

Baca juga: Hangover – Free Responsive HTML Template.

Logo WordPress
Logo WordPress

Mengapa Memilih WordPress?

Tentunya jika akan menggunakan CMS, kita harus memahami kelebihan CMS tersebut, berikut saya jelaskan beberapa kelebihan WordPress sehingga menjadi CMS yang paling populer saat ini.

  1. WordPress Itu Gratis. Yep, WordPress itu gratis, tidak perlu mengeluarkan biaya untuk kebutuhan lisensi.
  2. Mudah Digunakan. Untuk kalian yang belum berpengalaman dalam pembuatan website, WordPress akan cocok dengan kalian karena CMS ini sangat mudah digunakan.
  3. SEO Friendly. Salah satu faktor yang membuat CMS ini sangat populer adalah keberhasilannya dalam bagian SEO. Dan lagi kalian bisa menambahkan plugin SEO seperti Yoast dsb.
  4. Mudah Diatur. Kelebihan lainnya adalah CMS ini sangat mudah diatur, baik bagian tema, plugin sampai setting lainnya.
  5. Mudah Berganti Tampilan. Ada puluhan atau bahkan ratusan tema WordPress, baik yang gratis sampai yang premium. Jika dirasa tampilan kalian kurang maksimal, tinggal ganti saja dengan tema lainnya.
  6. Relatif Aman. Seiring kepopuleran WordPress, tentunya seorang hacker semakin banyak ditemukan. Namun WordPress sangat serius menghadapi hal tersebut. Bisa dibilang WordPress ini aman untuk kebutuhan kalian.

WordPress saat ini menjadi CMS dengan pengguna paling banyak didunia, mengalahkan joomla maupun drupal yang masuk dalam deretan CMS paling populer. Sudah siap belajar WordPress? Sampai jumpa di artikel selanjutnyaūüėõ

Please rate this

Abay

Cheers, I am Abay and I make things for fun. Gudang Garam and Coffee i can't live without. I love turning exciting ideas into horrible code. And .. i'm a lil' boy currently living Indonesia. Want to buy me a coffe? Let's talk, abay@codelatte.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *