Apa itu Viral Marketing, Kelebihan dan Manfaatnya – Apa itu Viral Marketing, Kelebihan dan Manfaatnya – Senjata vital yang paling berpengaruh pada perkembangan suatu bisnis adalah marketing. Dengan pemasaran yang baik, maka bisa dipastikan penjualan juga akan memuaskan. Maka dari itu, segala hal tentang metode pemasaran sepatutnya dipelajari termasuk mengenai apa itu viral marketing.

Agar usaha atau bisnis yang Anda jalankan bisa semakin tumbuh dan sukses, maka sebaiknya Anda pahami seluk beluk dunia marketing secara mendalam, termasuk mengenai apa itu viral marketing dan fungsinya. Untuk itu, sebaiknya Anda simak ulasan singkat berikut ini.

Viral Marketing, Apakah Itu?

Sebagai salah satu contoh viral marketing adalah kasus viralnya Odading Mang Oleh. Sejak konten tersebut viral, penjualan odading mengalami peningkatan. Tak hanya dirasakan oleh Mang Oleh saja, tetapi penjual odading lain juga merasakan dampak yang sama seiring dengan naik daunnya odading.

Banyak orang yang semula tak mengenal apa itu odading kini juga ikut memburu odading, karena menjadi korban kontaminasi konten viral tersebut. Lantas apa sebenarnya viral marketing itu?

Saat membahas tentang apa itu viral marketing dan kelebihannya, bisa dikatakan bahwa viral marketing adalah sebuah metode pemasaran yang dilakukan dengan menciptakan suatu konten agar bisa menyebar dengan luas dan masif.  Orang-orang itu pun bersedia berbagi kepada orang lain.

Metode pemasaran ini bisa berupa suatu gambar, video, maupun informasi yang menyebar dengan masif dari pengguna satu ke pengguna yang lain. Jika diibaratkan organisme, viral marketing ini layaknya sebuah virus yang bisa sangat menular.

Bak virus, viral marketing akan menulari orang satu ke orang lainnya dengan sangat cepat. Kemudian pada satu titik, virus ini menjadi suatu wabah, yakni momen di mana konten tersebut menjadi viral.

Sejak sosial media menjadi lifestyle, maka konten atau berita viral pun belakangan menjadi semakin mudah populer. Hampir setiap saat kita disuguhi dengan berita viral. Bahkan sampai ada beberapa stasiun tv yang memiliki program khusus dengan tema viral.

Dalam beberapa kasus, viral tersebut bisa tercipta begitu saja. Namun dalam kasus lain, viral juga memerlukan rumus, pencipta, serta orang-orang yang bekerja keras di balik itu semua. Sebenarnya, semua orang bisa menciptakan sesuatu yang viral, termasuk untuk kepentingan bisnis.

Secara umum tujuan dari pemasaran viral adalah menciptakan menyampaikan informasi secara cepat dan masif dengan berbiaya murah. Dalam ranah dunia online, konten viral ini bisa dihadirkan dalam berbagai media sosial, seperti Facebook, YouTub, blog, hingga website.

Jadi, jika Anda berencana untuk memajukan bisnis dengan cara mempromosikan produk atau bisnis, tetapi dengan biaya yang murah, maka viral marketing ini solusinya. Meski produk tak terkenal, tetapi iklan Anda viral, maka itu bisa menggenjot kepopuleran brand atau produk tersebut.

Kelebihan Viral Marketing

Melihat pengertian dari viral marketing di atas tentu membuat Anda tertarik untuk menerapkannya dalam plan bisnis bukan? Namun sebelum itu, sebaiknya Anda pelajari tentang apa kelebihan viral marketing ini. Ada beberapa kelebihan viral marketing, di antaranya sebagai berikut:

1. Biaya Iklan yang Lebih Terjangkau

Jika Anda ingin menghemat cost pemasaran untuk promosi atau iklan, maka penggunaan viral marketing ini sangat efektif. Mengapa demikian? Sebenarnya biaya iklan sangatlah relatif, tergantung pada media yang ingin Anda gunakan, maupun jenis konten seperti apa yang ingin Anda suguhkan.

Akan tetapi, tetap akan ada biaya yang perlu Anda keluarkan demi viral marketing ini. Namun percayalah, ketika iklan Anda bisa menuai kesuksesan dan viral, maka benefit yang kelak Anda dapatkan bisa jauh berkali-kali lipat melebihi pengeluaran yang telah Anda korbankan.

Benefit tersebut tentu bisa menutupi biaya yang Anda keluarkan demi membuat viral marketing tersebut. Hal tersebut sangat mungkin terjadi karena iklan yang viral tentu akan terus menyebar dengan cepat, sehingga bisa semakin luas menjangkau audiens dengan sendirinya.

2. Memperkuat Brand Awareness

Di dalam proses kemajuan bisnis, salah satu hal yang patut diperhatikan adalah Bbrand awarenes, yaitu kesadaran merek atau tingkat pengakuan konsumen kepada suatu produk. Kesadaran produk ini mencakup kualitas yang menjadi ciri pembeda dengan kompetitor.

Dengan brand awareness dan mencetak Company profile yang baik, maka penjualan juga akan lebih banyak karena konsumen akan lebih memilih produk yang terkenal dibandingkan dengan produk dari merek antah berantah yang tak mereka kenal. Semua itu bisa dicapai dengan mudah melalui viral marketing. Dengan konten yang viral, maka otomatis akan membuat bisnis Anda semakin terkenal. Anda bahkan bisa menyampaikan berbagai informasi yang bermanfaat maupun solusi bagi audiens. Dengan begitu produk dan bisnis Anda akan semakin dikenali

3. Memiliki Kesempatan Menjadi Semakin Terkenal

Kelebihan lain dari viral marketing ini adalah adanya kesempatan bagi Anda untuk semaki terkenal. Bahkan ketika iklan Anda viral maka tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk iklan di media seperti televisi dan radio. Media dengan sukarela mewawancarai bahkan akan mengundang Anda.

Dengan kelebihan yang dimiliki viral marketing tersebut maka tak ada salahnya untuk mencobanya demi kemajuan bisnis Anda. Misalnya memulai dengan membuat website. Untuk urusan website ini Anda bisa mengunjungi domainesia.com untuk mendapatkan domain dan hosting terbaik. Demikian sekelumit gambaran mengenai Apa itu Viral Marketing dan beberapa kelebihannya, semoga bermanfaat.

0 CommentsClose Comments

Leave a Reply