Cara Install Git dan Konfigurasi Awal yang Harus Dilakukan – Sebelum menginstall Git, kamu harus memastikan sistem operasi yang digunakan dan mengunduh installer yang benar. Terdapat tiga jenis sistem operasi yang umum dan tersedia yakni Linux, Windows, dan macOS. 

Untuk proses instalasi, tersedia beberapa metode mulai dari penginstalan dalam satu package, penginstalan dengan menggunakan installer lain, atau mengunduh source code dan melakukan kompilasi (self-compile) sendiri. 

Proses Instalasi pada Linux 

Jika kamu menggunakan sistem Fedora, maka perintah untuk menginstall Git mengandung dnf yang secara lengkapnya adalah:

$ sudo dnf install git-all 

Jika kamu menggunakan sistem Debian yang biasanya paling umum digunakan, maka kamu harus menggunakan perintah apt yang lebih lengkapnya:

$ sudo apt install git-all 

Cara Install Git dan Konfigurasi Awal yang Harus Dilakukan

Sebenarnya, ada banyak sistem lainnya yang digunakan oleh kebanyakan developer. Kamu bisa melakukan pencarian kode perintah instalasi. Untuk langkah-langkahnya tidak jauh berbeda. 

Proses Instalasi pada MacOS 

Cara yang paling mudah untuk melakukan instalasi Git pada sistem operasi MacOS adalah melalui Xcode Command Line Tools. Biasanya jika pengguna sudah menginstall Xcode Command Line Tools, instalasi Git akan mengikuti. Kamu bisa memastikan dengan perintah:

$ git --version 

Cara Install Git dan Konfigurasi Awal yang Harus Dilakukan

Jika saat itu versi Git kamu bukan yang paling up to date, maka kamu bisa melakukan instalasi ulang untuk mendapatkan versi terbaru. Caranya ada banyak. 

Pertama, kamu bisa menggunakan ‘Git for Mac Installer’. Proses instalasi biasanya sangat mudah, ikuti saja prompt window yang muncul dan lakukan sesuai perintah. 

Kedua, buka terminal dan periksa kembali Git yang sudah terinstall. 

$ git –version 

Cara Install Git dan Konfigurasi Awal yang Harus Dilakukan

Jika versi sudah menghasilkan yang paling terbaru, selanjutnya kamu bisa mulai melakukan konfigurasi username dan email. Perintah yang bisa kamu gunakan, 

$ git config –global user.name “Robert Watson” 

$ git config –global user.email “[email protected]

Proses Instalasi pada Windows 

Untuk memulai proses instalasi Git pada Windows, pastikan kamu sudah mengunduh installer git yang benar. Perhatikan bit version dari PC yang kamu gunakan. Apakah 64/32. Jika file installer sudah terunduh sempurna, langsung jalankan Git Bash. Prosesnya lumayan cepat. Setelah itu, jangan lupa untuk menekan Finish. 

Setelah kamu berhasil menginstal Git pada Windows, periksa versi dengan mengetik perintah, 

$ git –version 

Cara Install Git dan Konfigurasi Awal yang Harus Dilakukan

Pastikan kamu sudah menggunakan git versi paling terupdate. 

Ada banyak cara dan proses instalasi. Langkah – langkah diatas termasuk yang paling umum. 

0 CommentsClose Comments

Leave a Reply