Cara Membuat Repositori GIT

GIT

Cara Membuat Repositori GIT – Di bawah ini saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang bagaimana caranya membuat sebuah repositori GIT. Ada beberapa situs yang mendukung keperluan kita terhadap GIT, beberapa situs tersebut adalah GitHub, GitLab, Bitbucket dan lainnya.

Kali ini saya akan menggunakan GitHub. GitHub mempunyai beberapa fitur unggulan jika kita menggunakan akun berbayar. Tapi kali ini saya akan memberikan contoh membuat repositori secara gratis.

Cara Membuat Repositori GIT

Proyek baru bisa kamu buat dengan cara pertama masuk ke website GitHub. Kemudian kamu bisa login (atau mendaftar jika belum punya akun) dan tampilan dari pada dashboard seperti gambar di bawah ini:

Cara Membuat Repositori Git
Tampilan dashboard GitHub

Kamu bisa klik tombol Start a project. Kamu akan diarahkan untuk mengisi detail proyek yang nantinya akan dibuat.

Cara Membuat Repositori GIT

Pada contoh ini, saya akan membuat repositori dengan nama project.

Cara Membuat Repositori GIT

Selanjutnya kamu hanya tinggal mengisi kolom untuk detail project yang akan kamu buat

Cara Membuat Repositori GIT

Setelah kamu selesai mengisi kelengkapan repositori tersebut, kamu bisa langsung klik tombol Create repository, tombol yang berwarna hijau ya.

Sampai sini kamu sudah membuat sebuah repositori. Hal yang bisa kamu lakukan pada repositori tersebut adalah melakukan upload file kode apapun yang sudah kamu buat ke dalamnya. Kamu juga bisa mencatat segala macam aktivitas-aktivitas yang nantinya kamu lakukan.

Repositori tersebut sudah berhasil dibuat, selanjutnya adalah cara menggunakan repositori tersebut. Tapi memang sebaiknya kamu harus pergunakan di komputer lokal terlebih dahulu.

Baca juga: Membuat Profile Readme GitHub

Jika kamu ingin memunculkan alamat cloning, maka kamu bisa klik tombol hijau yang bertuliskan Code.

Kamu bisa klik tombol copy yang ada di pojok kanan, kemudian masuk ke komputer lokal. Nantinya akan terbuat sebuah folder atau direktori berdasarkan Project yang memang telah dibuat sebelumnya

Untuk cloning repositori ke komputer local, kamu bisa menggunakan command di bawah ini:
git clone https://github.com/[username]/[nama_repositori]

Apabila terlihat seperti gambar di bawah ini, maka kamu berhasil cloning repositori ke dalam komputer lokal kamu.

Artikel penjelasan tentang GIT akan dijadikan beberapa bagian dan akan diupdate secara berkala. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.