Cara Mengganti Tema phpMyAdmin

4.91/5 (11)

Cara Mengganti Tema phpMyAdmin. – phpMyAdmin adalah sebuah software gratis berbasis scripting language PHP yang bertujuan untuk memudahkan kita mengelola database MySQL. Tanpa phpMyAdmin, Anda perlu menggunakan terminal untuk mengelola database anda. Sementara, dengan phpMyAdmin Anda tidak perlu susah lagi mengelola database MySQL Anda karena phpMyAdmin memiliki user interface grafis.

Sejarah phpMyAdmin

phpMyAdmin pertama kali didirikan oleh Tobias Ratschiller. Ratschiller mulai mengerjakan front-end berbasis PHP ke MySQL pada tahun 1998, terinspirasi oleh MySQL-Webadmin Peter Kuppelwieser. Dia sempat berhenti mengerjakan proyek tersebut dan juga phpAdsNew pada tahun 2000 karena kurangnya waktu.

Fitur phpMyAdmin

Disini saya jelaskan kelebihan atau fitur phpMyAdmin yang membuat aplikasi ini banyak digunakan:

  • phpMyAdmin memiliki interface yang user-friendly dan intuitive yang mudah dipelajari. Dengan begitu, orang-orang dapat mempelajari dan membiasakan diri dengan fitur-fiturnya dengan mudah dan cepat.
  • phpMyAdmin memperbolehkan user memanfaatkan kebanyakan fungsi MySQL, termasuk mengelola database, menjalankan queries MySQL, mengeksekusi statement MySQL, mengelola user dan permission dan masih banyak lagi.
  • Anda juga bisa mengimport dan mengexport data dari dan ke berbagai format.
  • phpMyAdmin bisa membuat graphics database dalam bentuk PDF, bersamaan dengan beberapa queries yang kompleks dibantu dengan query-by-example.

phpMyAdmin menawarkan fitur yang mencangkup pengelolaan keseluruhan server MySQL (memerlukan super-user) dan basis data tunggal. phpMyAdmin juga mempunyai sistem internal untuk mengelola metadata dan mendukung fitur-fitur untuk operasi tingkat lanjut. Melalui sistem administrator, phpMyAdmin juga dapat mengelola users dan sekaligus hak aksesnya (privilage). Nah, Anda yang kususnya bekerja sebagai database administrator dengan MySQL sebagai basis data pilihan, tidak ada salahnya menggunakan phpMyAdmin untuk kemudahan pengelolaan.

Cara Mengganti Tema phpMyAdmin

Jujur saja, menurut saya, tampilan phpMyAdmin ini terlihat terlalu kaku. Namun tentunya kita bisa mengubah style tampilan tersebut, di situs mereka pun disediakan beberapa tema yang bisa kalian lihat di phpmyadmin.net/themes.

Baca juga: Free Fast Responsive HTML Template.

PMA-Dark-Metro-Theme
Saya memakai PMA-Dark-Metro-Theme

Namun saya menemukan tema yang menurut saya cukup menarik dan beda dari yang lain. Tema yang saya maksud adalah PMA-Dark-Metro-Theme. Kalau kita lihat lagi, tema ini adalah tema yang dibuat dengan dasar tema ‘Metro’ dari official phpMyAdmin sendiri, bisa dibilang salah satu kembangannya. Lalu bagaimana cara mengganti tema phpMyAdmin?

Linux (Debian/Ubuntu)

# Download file zip tema yang kalian inginkan
wget https://github.com/theme1256/PMA-Dark-Metro-Theme/archive/master.zip

# Ekstrak tema yang kalian download lalu masukkan ke direktori tema pada PMA
sudo unzip PMA-Dark-Metro-Theme.zip -d /usr/share/phpmyadmin/themes

phpMyAdmin didalam XAMPP

Untuk kalian yang menggunakan XAMPP, letak direktori tema ada di XAMPP/xamppfiles/phpmyadmin/themes, download file tema yang kalian inginkan lalu ekstrak di direktori tersebut.

Setelah ekstrak file tema, yang harus kita lakukan adalah mengganti tema tersebut melalui halaman phpMyAdmin (localhost/phpmyadmin). Lalu ubah tema menjadi nama tema kalian. Lihat screenshot berikut:

Mengganti Tema phpMyAdmin
Mengganti Tema phpMyAdmin

Sekian artikel tentang Cara Mengganti Tema phpMyAdmin, semoga mudah dimengerti dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya!

Please rate this

Abay

Cheers, I am Abay and I make things for fun. Gudang Garam and Coffee i can't live without. I love turning exciting ideas into horrible code. And .. i'm a lil' boy currently living Indonesia. Want to buy me a coffe? Let's talk, abay@codelatte.org

Satu tanggapan untuk “Cara Mengganti Tema phpMyAdmin

  • 5 Agustus 2018 pada 4:44 AM
    Permalink

    Mantap.. update terus mang!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *