Cara Penulisan Javascript yang Baik dan Benar

5/5 (17)

Cara Penulisan Javascript. – JavaScript adalah bahasa pemrograman yang dapat disisipkan di dalam dokumen HTML, fungsinya sendiri adalah untuk memberikan sifat terhadap website sehingga menjadi lebih interaktif. Terkadang kita sebagai developer website masih belum tahu bagaimana cara menempatkan kode program JavaScript yang ideal.

Pada umumnya, kode program JavaScript dapat diletakan disemua tempat, misalnya di dalam tag <head> atau di paling bawah sebelum tag penutup </html>. Nah, berikut adalah cara-cara menempatkan kode program yang baik dalam dokumen HTML.

Baca juga: Pengertian Javascript.

Cara Penulisan Javascript

Pada artikel kali ini saya akan mengajarkan cara penempatan kode program JavaScript yang baik pada dokumen HTML.

Menggunakan Tag <script>

Cara yang umum yang dipakai adalah menuliskanya dalam tag <script>. Tag <script> bisa dibuat di dalam tag <head>, mauapun di dalam tag <body>. Contoh:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
    <meta charset="utf-8">
    <title>Cara Penulisan Javascript</title>
    <script>
    console.log("Hi, ini kode Javascript");
    </script>
</head>
<body>
<!-- Isi Kontent -->
<script>
document.write("Saya mulai belajar Javascript!");
</script>
</body>
</html>

File Eksternal

Kita bisa menuliskannya pada file terpisah. Caranya, buatlah sebuah file yang berekstensi .js, misalnya isinya sebagai berikut.

alert("Saya memanggil Javascript melalui alert.js");

Kemudian, kita perlu memanggil file eksternal tersebut ke file HTML. Caranya, gunakan tag <script> dengan atribut src untuk menentukan lokasi file Javascriptnya.

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<meta charset="utf-8">
<title>Cara Penulisan Javascript</title>
<script src="alert.js"></script>
</head>
<body>
<!-- Isi Kontent -->
</body>
</html>

Menjalankan Javascript pada URL

Cara ini jarang digunakan, namun kita juga perlu mengetahuinya. Penulisan Javascript pada URL menggunakan protokol Javascript. Misal, cobalah untuk menuliskan kode seperti ini pada URL browser.

javascript:alert("Contoh penggunaan Javascript pada URL!")

Cara ini bisa kita gunakan pada tag <a>, kemudian mengisi kode javascript pada atribut href. Cara ini bisa menggantikan event onclick.

<a href="javascript:alert('Contoh penggunaan Javascript pada URL!')">Klik Disini</a>

Atribut Event

Cara ini sering digunakan untuk memanggil fungsi pada event terentu. Misalnya ketika suatu elemen diklik, maka jalankan fungsi Javascript. Selain event onclick ada juga event-event yang lain, seperti onsubmit, onload, ondoubleclick, onmouseover, onmouseout, dsb.

<button onclick="alert('Contoh Penulisan Javascript!')">Klik disini!</button>

Sekian artikel tentang Cara Penulisan Javascript. Jika ada yang susah dipahami, silahkan bertanya pada kolom komentar. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya!

Referensi: petanikode.com

Please rate this

Abay

Cheers, I am Abay and I make things for fun. Gudang Garam and Coffee i can't live without. I love turning exciting ideas into horrible code. And .. i'm a lil' boy currently living Indonesia. Want to buy me a coffe? Let's talk, abay@codelatte.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *