Deploy Jekyll ke Vercel dengan Mudah – Salah satu cara paling sederhana untuk deploy aplikasi web adalah melalui platform Vercel (sebelumnya Zeit.co). Kita bisa deploy otomatis aplikasi tertentu seperti Gatsby.js, Next.js, Nuxt.js, dan lainnya.

Vercel yang Sebelumnya Zeit.co

Vercel membuat serverless application deployment menjadi mudah. Developer bisa meng-host situs web dan layanan web yang dideploy secara instan, otomatis, dan dengan konfigurasi minimal.

Baca juga: Cara Menggunakan Now sebagai Host Gratis

Deploy Jekyll ke Vercel dengan Mudah

Kali ini kita akan mencoba deploy Jekyll ke Vercel. Pertama yang harus dilakukan adalah mencari template/theme Jekyll yang ingin kita gunakan. Sebagai contoh, saya akan menggunakan poole/poole, pertama kita fork reponya terlebih dahulu.

Baca juga: Membuat Blog di GitHub Menggunakan Jekyll

Deploy Jekyll ke Vercel dengan Mudah

Setelah proses fork selesai, kamu bisa menguka situs Vercel di https://vercel.app/ dan membuat akun terlebih dulu. Pilih “Continue with GitHub” jika ingin repo yang ada di akun GitHub kalian diimpor otomatis ke Vercel.

Setelah memiliki akun, selanjutnya pilih “New Project”.

Deploy Jekyll ke Vercel dengan Mudah

Di sebelah kiri, kamu hanya perlu mencari repositori theme Jekyll yang sudah kita fork di awal tadi. Lalu klik tombol “Import”.

Deploy Jekyll ke Vercel dengan Mudah

Kalian bisa skip proses ini dengan memilih “Skip” lalu klik “Deploy” pada bagian konfigurasi project. Selanjutnya kita hanya perlu menunggu selagi Vercel sedang menyiapkan situs kita.

Deploy Jekyll ke Vercel dengan Mudah

Setelah menunggu beberapa saat, Vercel akan memberi tahu kita saat situs kita sudah siap. Klik “Go to Dashboard” untuk melihat pengaturan dan informasi lain tentang situs yang baru kita deploy.

Situs kita sudah siap! Setelah itu kita bisa melihat informasi dan pengaturan situs yang baru kita deploy di Dashboard dengan klik “Go to Dashboard”.

Mengganti Nama Domain Default dari Vercel

Saat mendeploy, Vercel akan memberi nama domain untuk situs kita seperti situs baru saya mempunyai nama domain poole-gold.vercel.app.

Kita bisa mengganti nama domain tersebut dengan membuka halaman Setting atau Pengaturan. Lalu ganti nama domain menjadi keinginan kalian.

Situs percobaan yang saya deploy akan bisa diakses melalui https://codelatte-poole.vercel.app/.

Penutup

Di atas adalah cara mudah deploy Jekyll ke Vercel. Jika kamu mengalami kesulitan atau menemukan error saat mencoba, silahkan mengirimkan pertanyaan melalui kolom komentar di bawah.

Sekian penjelasan singkat tentang Deploy Jekyll ke Vercel. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

0 CommentsClose Comments

Leave a Reply