.dev Google Domain : Domain untuk para Developer

5/5 (50)

.dev Domain: Domain untuk Developer – Google secara resmi meluncurkan Top Level Domain dev (TLD) menjadi ketersediaan umum mulai hari ini (28 Februari).

Seperti namanya, TLD ini merupakan domain yang diklaim Google cocok untuk pengembang aplikasi (developer) dan para pelaku industri teknologi.

Peminat TLD dot-dev bisa mendaftarkan nama-nama domain website dengan akhiran TLD .dev, seperti “namakamu[dot]dev”, “perusahaan[dot]dev”, atau “projectkamu[dot]dev”.

Nantinya, di situs atau website dengan domain tersebut, para developer bisa memamerkan sofware terkait komputer, bahasa pemrograman, blog, dan informasi terkait lainnya.

Terkait website, secara default, semua situs berakhiran dot-dev akan menggunakan HTTPS untuk melindungi website. Langkah tersebut sekaligus melindungi pengunjung dari bahaya tracking injection dari para penyedia layanan internet (ISP), maupun jaringan Wi-Fi yang tak terproteksi.

Untuk mendapatkan TLD ini, peminat bisa mendaftarkan nama domain yang mereka inginkan di berbagai macam registrar preferensi mereka. Daftar registrar yang mendukung TLD dot-dev sendiri bisa dilihat di tautan ini.

Pada tanggal 19 Februari, hari pertama peluncuran, pengguna dapat membayar lebih dari $10.000 untuk mendaftarkan domain ini. Lalu angka tersebut turun menjadi sekitar $3.000 pada hari berikutnya dan kemudian $200 pada hari berikutnya. Sekarang siapa pun dapat membeli domain ini dengan pilihan mereka hanya dengan $12. Karena peluncuran nya sudah resmi, Anda tidak lagi terbatas pada layanan Google sendiri. Anda dapat mendaftar melalui semua pendaftar yang biasa, seperti GoDaddy.

.dev Domain: Rencana Besar dari Google

Sebagai tambahan di sini, Google mengatakan bahwa mereka memiliki “rencana besar” untuk domain dot-dev, yang sebagian melibatkan pemberian domain dot-dev kepada semua orang yang menerapkan konferensi I/O tahunan yang berfokus pada developer, yang diadakan di Mei tahun ini.

“Kami akan memindahkan lebih banyak proyek kami yang sudah ada dan meluncurkan beberapa hal menarik pada dot-dev dalam beberapa bulan mendatang,” kata Adam Seligman, Wakil Presiden Google bidang hubungan pengembang, dalam sebuah posting blog.

Beberapa bulan yang lalu, para developer menggunakan domain ini secara internal untuk menguji kode mereka, tetapi kemudian ICANN membuka pintu ke sejumlah host baru TLD. Google berhasil menawar domain ini pada tahun 2015, yang menyebabkan banyak pengembang terkunci dari lingkungan pengujian internal mereka.

Dan sekarang, semua orang termasuk Slack dan GitHub bisa menggunakan domain dot-dev mereka sendiri.

Referensi

  • https://get.dev/
  • https://venturebeat.com/2019/02/28/googles-dev-domain-officially-opens-for-business-through-any-registrar/
  • https://domains.google.com/m/registrar?s=codelatte.dev

Please rate this

Abay

Cheers, I am Abay and I make things for fun. Gudang Garam and Coffee i can't live without. I love turning exciting ideas into horrible code. And .. i'm a lil' boy currently living Indonesia. Want to buy me a coffe? Let's talk, abay@codelatte.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *