Google Web Designer, Software Pembuat Website dari Google

5/5 (78)

Google Web Designer – Google tentu saja merek yang kuat yang tidak memerlukan perkenalan apa pun. Kali ini kita akan membahas salah satu produk dari Google, yaitu Google Web Designer. Dan jika kalian adalah salah satu pengguna software ini yang percaya Google Web Designer adalah alat perancang web potensial, maka kalian perlu membaca ini.

Tidak diragukan lagi, Google Web Designer adalah alat desain yang bagus untuk bekerja secara visual tanpa mengotak-atik kode. Tapi, bisakah kita benar-benar bergantung pada alat ini untuk mendesain situs web? Bisakah GWD menghasilkan aplikasi web lengkap? Jika kita memiliki pertanyaan yang sama, kalian harus membacanya sampai akhir untuk mengetahui lebih banyak tentang alat ini.

Apa itu Google Web Designer?

Google Web Designer adalah program untuk membuat situs web HTML5 interaktif dan juga iklan. GWD adalah software  untuk Windows, Mac, dan Linux. Ini adalah editor WYSIWYG (What You See Is What You Get) untuk memungkinkan kita membuat desain berbasis HTML5 interaktif.

GWD (Google Web Designer) dapat dilihat sebagai alat sederhana untuk mengembangkan konten yang kompatibel dengan lintas layar. Alat Google berbasis GUI ini mudah digunakan bahkan untuk pemula sementara memungkinkan pengembang yang berpengalaman untuk menggali lebih dalam.

Fitur otomatisasi GWD memberi kita kebebasan untuk mendesain tanpa mengkhawatirkan tampilan karena desain GWD dan grafik gerak dapat berjalan di perangkat apa pun. GWD juga mempunyai fitur-fitur membuatnya sempurna untuk membuat desain HTML5 dan iklan animasi.

Google merilis software Google Web Designer untuk pertama kalinya pada tahun 2013. Sejak saat itu terus berkembang. Statistik menunjukkan bahwa lebih dari 7679 situs web telah menggunakan GWD dan 2.175 situs web langsung masih menggunakannya dengan tambahan 5,504 yang menggunakannya sebelumnya. Jadi, mari kita bahas sebentar tentang fitur yang membuat Google Web Designer menjadi pilihan populer di kalangan pengguna.

Google Web Designer memiliki antarmuka yang jelas dan interaktif yang dapat berhasil membuat animasi. Ini juga berguna untuk membuat prototipe. Bahkan, ia bertanggung jawab untuk membuat animasi CSS3 pada iklan berbasis HTML5. Tetapi terlalu banyak opsi kontrol di panel membuatnya terlihat lebih berat.

Kelebihan dan Kekurangan

Jika kita sedang membahas sesuatu, pasti kita akan membandingkan kelebihan dan kekurangan sesuatu tersebut. Apa saja kelebihan dan kekurangan GWP ini?

Kelebihan:

  • Software ini benar-benar gratis.
  • Antarmuka yang cukup baik.
  • Sangat bagus untuk desain Iklan dan Spanduk.
  • Kita bisa membuat prototype.

Kekurangan:

  • Tidak dapat membuka file HTML independen.
  • Software ini lebih cocok untuk membuat spanduk animasi.
  • Sulit untuk pemula dan terlalu canggung untuk penggunaan profesional.

Saya sudah mencoba produk dari Google ini, dan dari apa yang saya dapat, saya bisa mengatakan bahwa software ini BUKAN merupakan perancang web. Karena Google mengklaimnya sebagai ‘Google Web Designer’, tapi ini bukan perancang Web lengkap. Meskipun GWD memungkinkan kita untuk mengedit halaman web, tetap saja ini bukan alat terbaik untuk melakukan pekerjaan itu. Apa yang tidak dimiliki GWD adalah fitur pembuatan konten teks. GWD membuka file html yang hanya dibuat dari aplikasi mereka sendiri tetapi tidak dapat mengedit file kita sendiri!

Baca juga: Codepen | Tempat Bermain para Frontend Developer.

GWD sangat bagus untuk membuat HTML 5 dan iklan animasi dan spanduk. Jadi, singkatnya, ini lebih seperti ‘Perancang Iklan Google’. Saya tidak yakin apakah itu adalah tindakan pemasaran, tetapi GWD adalah alat yang hebat untuk membuat spanduk iklan HTML 5 dan CSS 3 interaktif.

Jadi, kesimpulan yang bisa saya tarik, singkatnya GWD adalah alat yang tepat untuk kita jika ingin mengembangkan iklan spanduk HTML 5 yang interaktif dan dengan tampilan menarik. Meskipun, GWD menerima tanggapan positif yang baik dari orang-orang di seluruh dunia, hal yang perlu dicatat adalah software ini lebih ke membuat desain iklan.

Download Google Web Designer

Giliran kalian sekarang, apa pendapat kalian tentang GWD? Bagikan pemikiran dan komentar kalian di bawah ini. Sekian artikel singkat ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Please rate this

Abay

Cheers, I am Abay and I make things for fun. Gudang Garam and Coffee i can't live without. I love turning exciting ideas into horrible code. And .. i'm a lil' boy currently living Indonesia. Want to buy me a coffe? Let's talk, abay@codelatte.org

Satu tanggapan untuk “Google Web Designer, Software Pembuat Website dari Google

  • 20 Oktober 2018 pada 10:06 PM
    Permalink

    Saya barusan coba juga dam setuju sama mimin. Tool ini lebih ke desain ads daripada desain website.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *