Hacktoberfest 2021 adalah edisi ke-8 dari Hacktoberfest yang diselenggarakan oleh DigitalOcean.

Acara ini adalah festival open source yang dirayakan selama bulan Oktober setiap tahun yang bertujuan mendorong orang-orang di seluruh dunia untuk secara aktif berpartisipasi dan berkontribusi dalam proyek open source yang diselenggarakan di seluruh GitHub dan GitLab.

Kontribusi dilakukan dengan mengirimkan pull request (PR) ke repositori manapun yang berpartisipasi dalam Hacktoberfest. Setelah pull request kamu dianggap diterima, PR tersebut akan dihitung dalam partisipasi kamu di Hacktoberfest.

Hacktoberfest 2020 diikuti 169.886 peserta dan 116.361 repositori open source yang berpartisipasi, mewakili 135 negara.

Aturan Permainan

Untuk mengikuti acara ini, kamu cukup mendaftarkan diri di sini dan mulai berkontribusi pada repositori open source yang berpartisipasi dari 01 Okt – 31 Okt. Jika kamu memenuhi kriteria kontribusi yang ditetapkan oleh DigitalOcean, kamu akan menerima t-shirt Hacktoberfest dari DigitalOcean!

Tapi ada aturan yang harus kita taati saat mengikuti event ini.

  • Kamu hanya bisa melakukan Pull Request di repositori yang di-host GitHub atau GitLab. Cari topik ‘hacktoberfest’ untuk mengetahui apakah repositori tersebut berpartisipasi dalam Hacktoberfest atau tidak.
  • Kita bisa mendaftar kapan saja antara 1 Oktober dan 31 Oktober.
  • Kamu harus mengirimkan setidaknya 4 pull request yang diterima ke repositori manapun yang berpartisipasi dalam Hacktoberfest yang selanjutnya akan divalidasi apakah valid atau tidak.

Kenapa Mengikuti Hacktoberfest?

Selain menerima kaos gratis yang keren, ada alasan yang lebih penting untuk berpartisipasi dalam Hacktoberfest. Terlepas dari kamu seorang pengelola (maintainer) atau peserta, kamu pasti akan belajar dan mendapat banyak manfaat dari Hacktoberfest.

Sebagai Pengelola atau Maintainer

Sebagai pengelola repositori, Hacktoberfest memungkinkan kamu mengembangkan komunitasmu. Dengan berpartisipasi dalam Hacktoberfest, repositori kamu akan menerima lebih banyak traffic dari developer yang ingin berpartisipasi.

Jadi, bahkan ketika Hacktoberfest berakhir, jika develooper ini menyukai pengalaman berkontribusi pada repositori kamu, mereka akan kembali untuk membantu masalah yang ada di proyekmu.

Mengelola proyek open source bisa jadi sulit, terutama karena kamu mungkin kekurangan waktu untuk meningkatkan dan memperluas proyek sebagai pengelola. Hacktoberfest adalah saat yang tepat untuk menerima bantuan tentang masalah yang telah tertunda untuk sementara waktu atau peningkatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan proyek kamu.

Sebagai Peserta

Terlepas dari kamu pemula atau tidak, selalu ada ruang untuk belajar dan memperluas pengetahuan. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan berkontribusi pada proyek open source.

Proyek open source biasanya menyediakan alat, library, atau hal-hal lainnya untuk komunitas secara gratis. Berkontribusi kepada proyek mereka dan membantu mereka untuk terus berjalan sangat membantu bagi komunitas, dan pada akhirnya untuk diri kamu sendiri.

Karena setiap proyek berbeda, masing-masing mungkin bergantung pada bahasa pemrograman, framework, atau hal lain yang mereka gunakan. Dengan ikut berkontribusi kepada mereka, kamu akan meluangkan waktu untuk memeriksa cara kerjanya, apa yang mereka gunakan, dan sebagainya.

Jadi, ketika kamu berkontribusi, kamu juga menghadapi tantangan baru untuk dipecahkan, yang merupakan cara yang bagus untuk mempelajari dan melatih keterampilan kamu.

Jika kamu seorang pemula, dengan berpartisipasi dalam Hacktoberfest, kamu akhirnya dapat mengatasi rasa takut yang mungkin menghalangi untuk berkontribusi pada proyek open source. Melalui Hacktoberfest, saya akhirnya memulai perjalanan saya dalam berkontribusi pada proyek-proyek open source.


Sekian penjelasan singkat tentang Hacktoberfest 2021, semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

0 CommentsClose Comments

Leave a Reply