Memahami Controller pada Laravel 6

5/5 (45)

Memahami Controller pada Laravel 6 – Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas tentang Controller laravel 6. Namun sebelum mulai pembahasan kali ini, kalian bisa baca terlebih dahulu tutorial sebelumnya yaitu: Route dan View Laravel 6. Mari kita lanjut ke pembahasan awal.

Memahami Controller pada Laravel 6

Sama seperti framework pada umum nya laravel juga memiliki sebuah controller yang berfungsi untuk menjembatani antara views dan model atau bisa kita sebut controller. Controller bisa digunakan sebagai pengolah data, karena di dalam controller lah kita bisa menerapkan sebuah logika atau pun pengolahan data dalam sebuah framework laravel.

Controller laravel terletak pada folder /app/Http/Controllers.

Jika sebagian dari kalian masih bingung tentang penjelasan Controller yang saya jelaskan di atas, kalian bisa kunjungi documentasi Laravel tentang controller di link berikut: https://laravel.com/docs/6.x/controllers

Membuat Controller

Pada dasar nya laravel memiliki suatu fitur untuk mempermudah proses development, dimana kita tidak perlu membuat sebuah file controller secara manual di dalam folder /app/Http/Controllers , cukup dengan menggunakan command php artisan make:controller namacontroller maka secara otomatis laravel akan meng-generate sebuah file berekstensi .php di dalam folder /app/Http/Controllers.

Sekarang kita coba membuat sebuah file controler dengan menggunakan php artisan. Pertama yang harus di lakukan adalah masuk ke dalam direktori project Laravel kalian. Setelah masuk ke dalam folder Laravel, ketikan sebuah command sebagai berikut.

php artisan make:controller BelajarController

Jika berhasil kalian akan dapat pesan seperti gambar di bawah .

Controller Laravel

Detelah berhasil membuat sebuah controller sekarang kita cek di folder /app/Http/Controllers, akan terdapat sebuah file baru yang baru saja kita generate.

Controller Laravel

Cara Menggunakan Controller

Di dalam controller kita bisa melakukan apa saja mulai dari logika hingga pengolahan data. Disini saya akan membuat contoh penggunaan controller sederhana, dimana kita akan memanggil sebuah controller dari route.

Baca juga: Install Laravel 6

Sebelum kita membuat route baru, kita akan membuat sebuah function/method di dalam file controller yang berhasil kita generate tadi. Di sini nama controller saya adalah BelajarController.php, di dalam controller BelajarController saya akan membuat function dengan nama index dan return dari function index yang saya buat adalah string, silahkan kalian perhatikan syntak di bawah ini.

public function index()
{
   return "Menggunakan Controller di laravel - Codelatte"
}
<?php

namespace App\Http\Controllers;

use Illuminate\Http\Request;

class BelajarController extends Controller
{
    public function index()
    {
    	return "Menggunakan Controller di laravel - Codelatte";
    }
}

Jika kalian selesai membuat sebuah function index di dalam controller kalian, sekarang kita masuk ke folder routes dan buka web.php. Di dalam web.php kalian bisa tambahkan syntax seperti di bawah ini:

Route::get('belajar_controller', 'BelajarController@index')
<?php

/*
|--------------------------------------------------------------------------
| Web Routes
|--------------------------------------------------------------------------
|
| Here is where you can register web routes for your application. These
| routes are loaded by the RouteServiceProvider within a group which
| contains the "web" middleware group. Now create something great!
|
*/

Route::get('/', function () {
    return view('welcome');
});

Route::get('/hello', function () {
    return "Hello World ! Tutorial membuat routes view laravel codelatte";
});

Route::get('user/{id}', function ($id) {
    return 'ID user dengan nama codelatte adalah  '.$id;
});

Route::get('belajar_controller', 'BelajarController@index');

Jika kalian masih bingung, silahkan lihat gambar di bawah ini.

Controller Laravel

Maksud dari syntax route di atas adalah, pada saat user mengakses url http://127.0.0.1:8000/belajar_controller maka dia akan menjalankan method/function index yang ada di dalam BelajarController.

Sekarang kita coba akses url http://127.0.0.1:8000/belajar_controller, jika berhasil maka akan muncul sebuah string yang kita return tadi di dalam method/function index.

Mungkin sampai sini pembahasan tentang Controller Laravel 6 Laravel 6. Di tutorial berikut nya kita akan membahas tentang Passing data dari Controller ke view Laravel 6, semoga bermanfaat dan sampai jumpa ^^

Please rate this

Galeh Rizky

Backend Developer Wannabe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *