Membuat Aplikasi Chat Real Time – Sebenarnya ada beberapa cara untuk membuat aplikasi chat real time. Diantaranya, kita bisa menggunakan web socket, short polling, long polling atau Firebase.

Short Polling dan SSE tidak baik digunakan untuk situs web. Kamu bisa menggunakan long polling atau websocket. Long Polling didukung oleh sebagian besar browser web sementara websocket tidak mendukung browser lama. Banyak situs web seperti Facebook, dll. Menggunakan long polling.

Kali ini kita akan mencoba bagaimana membuat skrip long polling dengan PHP. Penjelasan singkat long polling adalah;

  • Pertama, kita mengirim ajax request dari browser (menggunakan javascript) ke server web.
  • Webserver terus melakukan looping hingga menemukan update.
  • Setelah menemukan update, server berhenti melakukan looping dan mengirim respons ke browser.
  • Javascript menangkap respons dan memperbarui halaman web dengan DOM.
  • Everything works asynchronously in real time.

Membuat Aplikasi Chat Real Time

Saya menggunakan script milik blog ilmuwebsite.com sebagai contohnya. Script yang dikembangkan ini nantiya akan bermanfaat untuk kamu agar bisa di implementasikan ke dalam bentuk yang lebih kompleks. Script ini tidak menggunakan database, namun menggunakan file json statis.

Karena ini adalah contoh sederhana, saya menyiapkan 4 file yang bisa kamu coba di dev.codelatte.net/polling.

Membuat Aplikasi Chat Real Time

Chat yang dikirim tiap user akan disimpan di data.json dan akan langsung ditampilkan di halaman chat. Agar lebih seru, silahkan kamu coba dengan memuka dua window browser dan membuka dev.codelatte.net/polling. Apa yang dikirim melalui browser pertama akan tampil juga di browser kedua.

Untuk file nya, kalian bisa download di dev.codelatte.net/polling/polling.zip. Sekian artikel singkat kali ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel singkat lainnya.

0 CommentsClose Comments

Leave a Reply