Mengganti Nama Tema WordPress | Belajar WordPress

5/5 (31)

Mengganti Nama Tema WordPress – Mengganti nama tema WordPress jauh lebih sederhana daripada yang kalian pikirkan. Tetapi dapat menyebabkan komplikasi juga terutama bagi mereka yang tidak begitu mahir dengan file pengeditan di WordPress. Pada artikel kali ini, saya akan menunjukkan cara terbaik untuk mengubah nama tema tanpa komplikasi.

Sangat banyak tema yang diluncurkan setiap hari di berbagai toko dan beberapa di antaranya juga diperbaharui. Tema-tema ini memiliki nama dan versi rilis masing-masing bersama dengan informasi penting lainnya seperti nama dan alamat penulis. Apakah kalian baru saja membeli sebuah tema dan merasa perlu mengubah namanya menjadi sesuatu yang lain atau mungkin kalian membuat tema sendiri?

Saat kita mengaktifkan tema, WordPress menyimpan detail tema dalam database. Karena itu, dalam beberapa kasus, mengubah nama tema yang sudah diaktifkan dapat menyebabkan masalah di beberapa bagian. Ini karena WordPress tidak dapat menghubungkan nama yang disimpan dalam database ke nama baru yang baru saja kalian berikan.

Mengganti Nama Tema WordPress

Sekarang inilah tantangannya. Untuk mengganti nama tema WordPress melalui back end WordPress, cukup buka dashboard admin, arahkan kursor ke “Tampilan” dan klik pada “Editor”.

Mengganti Nama Tema WordPress

Ketika kita mengklik “Editor”, file yang kita cari adalah (style.css), disana kalian akan melihat nama Tema, versi, deskripsi, dan lainnya tepat di bagian atas stylesheet. Setelah itu ubah sesuai yang kalian inginkan.

Mengganti Nama Tema WordPress

Untuk melihat apakah nama tema baru kalian sudah aktif, arahkan kursor ke tab “Tampilan” dan klik “Tema”. Kalian akan melihat nama tema yang kalian setting sebelumnya.

Atau, kalian bisa mengedit stylesheet tema kalian; style.css langsung menggunakan Klien FTP atau melalui CPanel. File ini dapat ditemukan di /wp-content/themes/tema-direktori di mana “tema-direktori” adalah direktori dari tema aktif kalian.

Baca juga: Cara Mengganti Logo Login WordPress.

Cukup ubah file style.css seperti yang digambarkan di atas, simpan file dan nama tema kalian sudah berubah. Jika kurang yakin, lakukan ini setelah mem-backup file, dengan begitu kalian akan memiliki salinan file untuk diambil jika ada yang tidak beres.

Mengganti Nama Tema WordPress
Tampilan “TEMA” pada Dashboard Admin Codelatte.

Jika tutorial ini berhasil untuk kalian, jangan ragu untuk berbagi dengan teman-teman kalian. Juga, jangan sungkan untuk bertanya melalui kolom komentar dibawah jika ada masalah saat mengganti tema. Sekian artikel singkat ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Please rate this

Abay

Cheers, I am Abay and I make things for fun. Gudang Garam and Coffee i can't live without. I love turning exciting ideas into horrible code. And .. i'm a lil' boy currently living Indonesia. Want to buy me a coffe? Let's talk, abay@codelatte.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *