Menggunakan Termius sebagai SSH ClientSystem Administrator dan developer tentu sering menggunakan terminal. Hal ini sudah dikenal semua orang. Terutama yang pertama, karena mereka mendasarkan pekerjaan mereka pada layanan dan aplikasi yang berjalan di server. Untuk mengaksesnya, SSH biasanya digunakan di terminal Linux atau klien khusus.

Termius adalah aplikasi SSH Client yang dapat diinstal di banyak sistem. Artinya, aplikasi ini adalah cross-platform. Termius memiliki versi untuk iOS, Android, Windows, Mac OS, dan Linux. Keuntungan utamanya adalah tidak hanya mendukung SSH tetapi juga protokol Telnet atau Mosh lainnya.

Menggunakan Termius sebagai SSH Client

Sebelum membaca lebih lanjut, untuk preview kali ini saya menggunakan versi Termius Linux, tapi tenang saja, fitur-fiturnya tidak jauh berbeda dengan platform lain.

Tampilan yang Modern

Hal yang paling saya suka dari Termius adalah UI yang sederhana dan modern. Untuk terhubung melalui Termius, kita bisa menggunakan nama pengguna dan kata sandi atau melalui tombol. Koneski yang sudah kita buat juga bisa kita kategorikan dalam bentuk tag atau grup, sehingga lebih mudah untuk difilter.

Termius juga menyediakan beberapa filter yang dibuat agar kita lebih mudah untuk menampilkan daftar koneksi yang tersedia. Filter bisa didasarkan pada tag, nama, atau tanggal koneksi (history).

Pilihan Tema yang Menarik

Bagian paling penting menurut saya, untuk saat ini ada 11 opsi tema untuk dipilih. Kamu bisa mengatur tema ini per koneksi atau per grup. Pemilihan tema yang berbeda juga bisa membuat kita mudah untuk membedakan koneksi mana yang sedang digunakan.

Menggunakan Termius sebagai SSH Client
Pilihan tema yang ada di aplikasi Termius

Sinkronisasi Akun

Yang membuat Termius cukup sederhana adalah kita hanya perlu melakukan sekali login dan semuanya akan terhubung. Dalam aplikasi terdapat menu untuk login. Kamu juga bisa mendaftar melalui aplikasi iOS dengan cara yang sama, dan menggunakan kredensial untuk masuk dalam versi Android. Sayangnya fitur ini hanya tersedia untuk versi premium. Dengan fitur ini, maka seluruh konfigurasi koneksi kita akan disinkronkan, jadi jika kamu mengubah konfigurasi pada Mac maka kamu tidak perlu mengubah konfigurasi pada Android atau iOS lagi.

Penjelasan lengkap tentang perbedaan jenis akun bisa dilihat di https://docs.termius.com/premium-features

Menggunakan Termius sebagai SSH Client

Menggunakan Termius sebagai SSH Client

Jika sebelumnya kita menggunakan aplikasi berbeda di setiap OS (maksudnya kalo di Windows harus pake Putty, hehe) untuk terhubung ke server, sekarang kita punya Termius yang bisa melakukan semuanya. Untuk mencoba Termius, silakan akses pada tautan berikut:

Sekian artikel tentang Menggunakan Termius sebagai SSH Client. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya~

0 CommentsClose Comments

Leave a Reply