Seberapa Penting Frontend dalam Sebuah Website

5/5 (24)

Seberapa

Seberapa Penting Frontend dalam Sebuah Website. – Pasti diantara kita atau mungkin semuanya tau istilah frontend dan backend. Pembagian ini membuat developer web menjadi lebih terspesialisasi. Yang berarti developer web tidak harus melakukan keseluruhan proses membangun web lagi, tetapi fokus pada bagian tertentu saja. Apa perbedaanya?

Baca juga: Menggunakan Font Awesome

Frontend

Bagi yg belum tau, Bagian front-end dari sebuah website adalah bagian yang langsung dilihat oleh user. Bagian ini dibangun menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript. Kita bisa membangun sebuah web hanya dengan HTML dan CSS, namun yang benar – benar membuat website terlihat menarik adalah Javascript. Frontend adalah tampilan sebuah website yg bisa dikunjungi dan dilihat oleh siapapun di internet. Di situ, semua orang bisa melihat konten website tersebut, seperti Beranda, Berita, Tentang Kami, dan sebagainya.

Backend

Back-end adalah bagian belakang layar dari sebuah website.Bahasa pemograman untuk back-end development diantaranya adalah PHP, Ruby, Python, dan banyak lainnya.Ada banyak hal yang tidak bisa dilakukan oleh JavaScript, namun dapat dilakukan oleh bahasa pemograman back-end. Backend adalah tampilan khususyang dibuat untuk mengatur website tersebut. Biasanya ada URL khusus untuk mengakses backend.

Kali ini kita tidak membahas perbedaan antara frontend dan backend. Namun, Seberapa penting sih Frontend dalam sebuah website?

Untuk kita yg ingin berkarir menjadi frontend developer, Kita dituntut untuk membuat design dan mengembangkannya sampai sebuah website dapat berjalan. Skill dasar yang spesifik akan membuat kita dilirik oleh perusahaan2. Saya kutip dari jobstreet, terdapat sebanyak 27619 lowongan untuk frontend developer.

Hal yg perlu diperhatikan saat membuat tampilan frontend yg user friendly.

Menggarap bagian frontend tentu sudah termasuk membuat tampilan website yang user friendly. Apa saja yang perlu kita perhatikan saat membuat website yang user friendly?

  • User Experience. Atau dengan kata lain, membuat pengunjung ‘betah’ menghabiskan waktu di website kita.
  • Waktu Loading Situs. Pastinya kita tidak mau membuat pengunjung menunggu terlalu lama hanya untuk mengakses website kita, kan?
  • Performa Web. Website secanggih/semenarik apapun, jika peformanya kurang baik, maka semua akan menjadi sia-sia. (Peforma web adalah jumlah waktu yang diperlukan oleh website kamu untuk loading.)
  • Tampilan Responsive. Perlu diingat kalau membuat tampilan responsive adalah bagian terpenting. Untuk membuat tampilan responsive, kita bisa menggunakan framework CSS, contohnya Bootstrap (getbootstrap.com), Bulma (bulma.io).

Seberapa Penting Frontend dalam Sebuah Website?

Tentu sangat penting mengingat frontend adalah bagian dari website yang dilihat langsung oleh pengguna nya. Misalkan website perusahaan, pasti akan sangat penting tampilan frontend untuk meyakinkan client mereka. Hal lain yang membuat frontend sangat penting adalah:

  • Frontend berperan penting dalam mewakili personal/perusahaan menjadi client mereka.
  • Buku akan dinilai dari sampulnya. Yang berarti tampilan frontend bisa saja mewakili pembuatnya. Semisal tampilan yang ‘acak-acakan’, ini bisa dinilai kalo pembuat/pemesan adalah orang yg kreatif. Atau urakan juga bisa😂
  • Frontend sebagai kesan pertama. Memberikan kesan pertama yg baik menjadi nilai plus untuk perusahaan2 terhadap client mereka.

Bagian paling menarik dari web development adalah sifatnya yang terus berkembang. Apa yang dimaksud sebagai frontend atau backend pada saat ini, bisa saja akan berubah secara drastis dalam beberapa tahun ke depan. Mempelajari keduanya akan membuat kamu lebih mempunyai nilai, gampang beradaptasi, dan berpandangan ke depan.

Please rate this

Abay

Cheers, I am Abay and I make things for fun. Gudang Garam and Coffee i can't live without. I love turning exciting ideas into horrible code. And .. i'm a lil' boy currently living Indonesia. Want to buy me a coffe? Let's talk, abay@codelatte.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *