Kenapa Kita Tidak Boleh Menggunakan Nulled Script?

5/5 (37)

Nulled Script atau Nulled Theme adalah script yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat bekerja tanpa lisensi dan bisa dibilang web yang bekerja dengan script bajakan. Pernah menemukan tema atau plugin nulled? “Nulled” berarti mereka tersedia untuk diunduh secara gratis tetapi tidak secara hukum. Apakah berbahaya?

Jika kalian memiliki situs web yang didasarkan pada Content Management Sistem (CMS) seperti WordPress atau Magento, hal pertama yang perlu kalian miliki adalah tema atau template, yang pada dasarnya sama.

Baca juga: Apa itu CMS WordPress?

Kalian harus memilih tema karena yang menentukan bagaimana situs webkalian terlihat dan bagaimana pengunjung akan melihat konten, merek atau produk kalian. Dan kalian pasti menginginkan tema yang bagus untuk memasarkan produk kalian secara efektif.

Ketika seseorang mencari tema, biasanya mereka memiliki 3 pilihan:

  1. Beli tema premium.
  2. Download tema gratis yang biasanya disediakan oleh CMS.
  3. Menggunakan nulled theme.

Mungkin kalian pernah mendengar tentang orang-orang membicarakan tentang nulled theme pada situs web mereka. Biasanya hal ini terjadi karena mereka tidak ingin membayar untuk tema komersial yang biasanya merupakan tema premium yang harganya bisa mencapai ratusan dolar dari pengembang web profesional.

Kenapa Kita Tidak Boleh Menggunakan Nulled Script?

Kalian mungkin berpikir – Santai dong, bos. Saya udah pake script/software bajakan sepanjang hidup dan saya belum pernah terkena virus dan lain – lain. Jika kalian adalah tipe orang seperti ini, sayangnya kalian salah tentang hal ini. Nulled script bisa menjadi hal buruk karena berbagai alasan.

Ilegal

Nulled script itu illegal! Hanya karena barang bagus yang telah dicuri dengan menghapus lisensi dan materi hak cipta lainnya. Ada banyak situs web di mana kalian dapat mencari nulled themes, dan sebagian gratis atau lebih murah dari harga aslinya.

Tidak Ada Support

Jika ada yang tidak beres – dukungan dan pembaruan tidak disediakan untuk tema atau plugin nulled karena tidak dibeli secara resmi. Jadi kalian harus memperbaiki semuanya sendiri dan menghabiskan waktu untuk itu, dan itu bukan jaminan bahwa kalian akan berhasil.

Malware

Tema atau plugin nulled biasanya berisi banyak konten tambahan yang biasanya malware. Masalah umum yang mungkin terjadi adalah: iklan, pop-up, dan bahkan virus. Resiko yang diterima bukan hanya untuk kalian, tapi juga kepada pengunjung website kalian.

Keamanan

Kalian mungkin berpikir, apa motivasi penipuan yang menyebarkan tema dan plugin nulled? Uang. Dengan bantuan kode berbahaya yang dimasukkan ke dalam produk, mereka dapat memperoleh akses ke database pengguna kalian – data pribadi, jumlah kartu kredit, dan sebagainya. Dan ingat – itu akan menjadi tanggung jawab kalian!

Solusi?

Bagaimana jika saya sudah mengunduh tema nulled? Bagaimana cara melindungi situs web saya dari kemungkinan risiko?

Langkah pertama yang harus kalian ambil adalah memeriksa file zip melalui semua kemungkinan. Ada juga layanan khusus seperti VirusTotal.com. Jika kalian tahu PHP, kalian dapat mencoba untuk memeriksa kode sendiri tetapi ingat, bahwa kalian tetap mungkin melewatkan beberapa elemen yang mencurigakan.

Solusi terbaik dalam situasi ini adalah mengunduh tema dan plugin gratis langsung dari situs resmi WordPress atau membeli premium. Selalu ingat bahwa developer menghabiskan waktu dan uang untuk meluncurkan suatu produk. Itu sebabnya mengunduh versi “crack” dari produk yang sedang dijual bisa dibilang mencuri. Atau memang kalian seorang pencuri?

Please rate this

Abay

Cheers, I am Abay and I make things for fun. Gudang Garam and Coffee i can't live without. I love turning exciting ideas into horrible code. And .. i'm a lil' boy currently living Indonesia. Want to buy me a coffe? Let's talk, abay@codelatte.org

2 tanggapan untuk “Kenapa Kita Tidak Boleh Menggunakan Nulled Script?

  • 1 November 2018 pada 2:19 AM
    Permalink

    Tapi kalau kita bisa ngecek sendiri code yg ada didalamnya berarti ga masalah ya min?

    Balas
    • 2 November 2018 pada 3:20 AM
      Permalink

      Sebenernya juga ngga ada yg bener2 melarang pemakaian, cuman artikel ini sebagai referensi tentang apa aja resiko menggunakan nulled script.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *