Menampilkan Tanggal pada Javascript

5/5 (31)

Menampilkan Tanggal pada Javascript – Tanggal dan waktu adalah bagian dari kehidupan kita sehari-hari dan karenanya menonjol dalam pemrograman komputer. Dalam JavaScript, kalian mungkin diminta atau harus membuat situs web dengan kalender, jadwal kereta, atau interface untuk mengatur janji. Aplikasi ini perlu menunjukkan waktu yang relevan berdasarkan zona waktu pengguna saat ini, atau melakukan perhitungan di sekitar kedatangan dan keberangkatan atau waktu mulai dan akhir.

Untuk melakukan semua itu dan banyak lagi, JavaScript dilengkapi dengan objek Date. Artikel kali ini akan membahas cara memformat dan menggunakan tanggal dan waktu di JavaScript.

Date Object pada Javascript

Date Object adalah objek di JavaScript yang menyimpan tanggal dan waktu. Object ini menyediakan sejumlah metode untuk memformat dan mengelola data tersebut. Secara default, Date Object baru tanpa argumen yang disediakan akan membuat objek yang sesuai dengan tanggal dan waktu saat ini. Tanggal atau waktu akan dibuat sesuai dengan pengaturan sistem komputer.

Baca juga: Mengenal dan Membuat Event pada Javascript.

Menampilkan Tanggal pada Javascript

Untuk menunjukkan Tanggal JavaScript, mari buat variabel dan menetapkan tanggal saat ini. Anggap saja artikel ini ditulis pada hari Senin, 17 September di Jawa Timur, Indonesia (GMT), jadi itu adalah tanggal, waktu, dan zona waktu saat ini. Lihat contoh dibawah ini:

<p id="demo"></p>
<script type="text/javascript">
var d = new Date();
document.getElementById("demo").innerHTML = d;
</script>

Hasilnya akan menjadi seperti ini,
Mon Sep 17 2018 23:28:31 GMT+0700 (Western Indonesia Time)

Menampilkan Tanggal dengan GET

Setelah menampilkan tanggal/waktu, kita dapat mengakses semua komponen tanggal dengan berbagai metode bawaan. Metode ini akan mengembalikan setiap bagian dari tanggal relatif ke zona waktu lokal. Masing-masing metode ini dimulai dengan mendapatkan, dan akan mengembalikan angka relatif. Di bawah ini adalah tabel terperinci dari metode get pada objek Date.

Date/Time Method Range Example
Year getFullYear() YYYY 1970
Month getMonth() 0-11 0 = January
Day (of the month) getDate() 1-31 1 = 1st of the month
Day (of the week) getDay() 0-6 0 = Sunday
Hour getHours() 0-23 0 = midnight
Minute getMinutes() 0-59
Second getSeconds() 0-59
Millisecond getMilliseconds() 0-999
Timestamp getTime() Milliseconds since Epoch time

Dalam tutorial ini, kita belajar cara membuat instance Date Object, dan menggunakan metode bawaan untuk mengakses dan memodifikasi komponen dari tanggal tertentu. Untuk tampilan yang lebih mendalam tentang tanggal dan waktu dalam JavaScript, kalian dapat membaca referensi Tanggal di Mozilla Developer Network.

Mengetahui cara kerja tanggal dan waktu sangat penting untuk banyak tugas umum dalam JavaScript, karena ini dapat memungkinkan kita melakukan banyak hal mulai dari menyiapkan laporan berulang hingga menampilkan tanggal dan jadwal di zona waktu yang benar.

Please rate this

Abay

Cheers, I am Abay and I make things for fun. Gudang Garam and Coffee i can't live without. I love turning exciting ideas into horrible code. And .. i'm a lil' boy currently living Indonesia. Want to buy me a coffe? Let's talk, abay@codelatte.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *